Browse By

Tips Sederhana Menjaga Sholat Agar Tetap khusyuk

Sholat adalah kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Namun sayangnya, banyak dari kita (red: Muslim sendiri) menyepelekannya, menundanya, asal mengerjakannya, bahkan ada yang berani meninggalkannya. Bukankah sholat itu mensucikan hati, seperti apa yang dikatakan Imam Ibnu Athaillah Askandary dalam Kitabnya “Al-Hikam”.

Nah agar sholat tidak hanya sekedar sholat, kita perlu menjaga kekhusyukan di dalamnya. Karena itu, TempeBener coba berbagi tips sederhana menjaga sholat agar tetap khusyuk.

Baca dulu: Tips Santai Biar Harimu Makin Produktif

Gunakan Pakaian yang Sopan dan Nyaman

Pertama-tama, demi menjaga kekhusyukan dalam sholat, pakailah pakaian yang bisa memberimu kenyamanan saat mendirikannya dan tentunya sopan.

Jangan Bawa Gadget

Yang kedua, untuk tidak membawa gadget saat sholat, disadari atau tidak gadget itu perusak hubungan; bisa jadi anti-sosial karena kecenderungan dan bisa jadi orang ketiga (red: setan) saat tengah berdua dengan pasangan. Untuk menjaga keharmonisan dengan Tuhan dan kekhusyukan sholat, yuk simpan gadgetnya ganti dengan tasbih.

Datang Sebelum Adzan Berkumandang

Biasanya sih, kalau kamu datang setelah adzan selesai apalagi saat iqomah, konsentrasi kamu udah gak karuan di awal, pengin ngejar jama’ah dari rakaat pertama tapi sudah iqomah, walhasil wudhu gak tenang, sholat pun demikian.

Bersihkan Hati dan Pikiran, Dengan Memaafkan Setiap Kesalahan

Terus dilanjut dengan memaafkan setiap kesalahan sebelum sholat, hati yang berisi kedengkian atau dendam, tidak bisa mendatangkan kekhusyukan dalam sholat.

Jangan Terburu-butu Membaca Bacaan Sholat

Tips selanjutnya, jaga kekhusyukan dalam sholat dengan tidak terburu-buru membaca bacaannya. Karena buru-buru atau tergesa-gesa adalah bagian dari syaithon, gak mau kan sholatnya ditemani syaithon ?

Tidak Langsung Pergi Selesai Salam

Di akhir, jangan langsung pergi selesai salam, sholat tanpa dzikir itu ibarat makan nasi tanpa lauk –hambar.

Tenang dan Jelas Dalam Berdo’a

Mungkin, salah satu penyebab do’a kamu belum terkabul adalah tidak tenangnya dalam berdoa sehabis sholat alias terburu-buru. Do’a juga bagian dari kekhusyukan sholat loh, jadi haruslah tenang dan jelas dalam meminta.

Selamat menerapkan tips di atas tadi ya, kalau kamu punya tips sendiri silahkan share di kolom komentar di bawah ini.

Baca juga: Bahagia dan Sukses Itu Beda Tipis, Sama-sama Diciptakan Bukan Ditunggu

Comments

comments