Browse By

Tips Puasa Asyik Ala Jomblo Produktif

Lazada Indonesia

Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang begitu istimewa, kedatangannya ditunggu dan kepergiannya dirindukan. Ramadhan jelas keistimewaannya, apalagi kalau sudah menggenap alias menikah, istimewanya pake bangett, pulang kerja ada yang nungguin, buka ada yang nyiapin, sahur ada yang nemenin.

Terus gimana nasib yang masih single a.k.a jomblo sama puasa ramadhannya? Daripada meratapi nasib yang tak kunjung nikah mending baca tips puasa asyik ala jomblo produktif, dijamin kamu akan menjadi jomblo yang kembali fitrah setelah ramadhan.

Baca dulu : Tips Sederhana Menjaga Sholat Agar Tetap khusyuk

Dimulai dengan niat perubahan, ramadhan tahun ini kita harus lebih baik

Agar puasa ramadhan gak cuma sekedar nahan lapar dan dahaga, niatkan di awal semoga ramadhan tahun ini kita bisa menjadi insan yang lebih baik.

Bangun sahur lebih awal, sahur itu isinya gak cuma makan dan minum

Mengakhirkan sahur itu sunnah, tapi bukan berarti kamu harus bangun mendekati imsak. Ada banyak aktifitas bermanfaat seperti sholat tahajjud, tilawah atau membaca buku. That’s why kita harus bangun lebih awal dari yang lain.

Awali aktifitas pagi dengan bersyukur terus ditambah sholat dhuha minimal 4 raka’at

Daripada tidur selepas sholat subuh yang jelas gak sehatnya dan tentu bisa bikin badan melar, lebih baik isi dengan tilawah, membaca buku atau menulis, lalu dirikan sholat dhuha minimal 4 raka’at apabila waktunya telah tiba.

Tetap bekerja seperti biasa, puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan di tempat kerja

Puasa bikin lemas itu mitos, kalau ada yang lemas gara-gara puasa itu emang dasarnya malas. Puasa ramadhan sejatinya bisa bikin kita lebih produktif saat bekerja, banyak waktu luang yang bisa kita habiskan untuk bekerja, kalau pun kerjaan sudah beres sebelum waktu pulang, kita bisa isi dengan tilawah atau membaca buku kesukaan.

Jadikan bulan ramadhan sebagai ladang berbagi untuk sesama, apalagi menjelang buka

“Tak kan berkurang harta yang sedekah …

Akan bertambah, akan bertambah …”

Gak harus wah, memberikan ta’jil bisa berupa apa pun, disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Contoh; setiap harinya kamu bisa membeli 1 kg kurma, atau 1 box air mineral atau gorengan. Kalau setiap hari menurutmu memberatkan, senin-kamis bisa menjadi hari pilihanmu untuk berbagi.

Jangan lupa, ajak rekan kerja untuk saling berbagi yaa.

Buat beberapa list program selama bulan ramadhan

Gak cuma jomblo, orang-orang sukses (red- produktif) selalu punya list kegiatan, biar tujuan  hidupnya terarah dan gak cuma itu-itu aja. Di bulan ramadhan ini, kamu bisa buat program-program bermanfaat misalnya; khatam Al-Qur’an 3 kali selama ramadhan, buka bersama anak yatim-piatu, atau memberikan ta’jil setiap senin-kamis selama ramadhan dan masih banyak lainnya.

Pokoknya, perbanyak kegiatan yang bermanfaat di bulan ramadhan, sayang kalau cuma digunakan untuk meratapi nasib yang tak kunjung menikah.

Dan yang terakhir, simpan ibadah kita jadikan sebagai privasi, tidak perlu dipublikasi, orang lain gak perlu tahu

tips puasa

Hati-hati! Amalan hangus gara-gara status

Biar ibadah puasanya sempurna, update di sosial media bukan pilihan, takut ujub atau riya, mending kita hindari. Amal ibadah gak perlu dipublikasi, cukup kamu sama Allah yang tahu privasi, orang lain mah gak perlu tahu.

Jadi gimana mblo, siap kembali fitrah ?

Baca juga : Tips Santai Biar Harimu Makin Produktif

Comments

comments