Browse By

6 Kebiasaan yang Membuktikan Kalau Kamu Benar-benar Merdeka

ARTI merdeka bukan hanya tidak dijajah lagi. Merdeka juga dapat dimaknai dengan bebas, independen atau mandiri, leluasa, lepas, sampai lolos. Apalagi kalau dihubungkan dengan kehidupan modern seperti sekarang, wah… pastinya luas sekali definisinya. Namun, merdeka jangan hanya dijadikan sebagai kata atau simbol saja. Makna dari merdeka itulah yang harus kita realisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Atau, secara tidak sadar, kamu sudah mempraktikkan makna merdeka dalam keseharian kamu? Hmmm, bisa jadi tuh! Coba baca artikel ini sampai selesai. Mungkin saja, dari 6 kebiasaan yang ada di tulisan ini, ada yang menjadi kebiasaan kamu juga setiap harinya. Kalau sampai ada, wah… selamat! Itu membuktikan bahwa kamu sudah benar-benar merdeka. Penasaran 6 kebiasaan itu apa saja? Baiklah, berikut penjelasan lengkapnya!

Membuang Sampah pada Tempatnya

buang-sampah

Buanglah mantan pada tempatnya, eh! via cahyahikarihamzah.wordpress.com

Kamu sedang di angkutan umum dan sudah kelaparan berat. Untungnya, kamu bawa sebungkus roti dan sebotol air mineral untuk mengganjal perut. Setelah kamu tandaskan dua penganan itu, kamu sadar di angkutan itu tidak ada tempat sampah. Tapi, kamu tidak asal buang di dalam kendaraan itu. Bungkus roti dan air mineral disimpan di saku dan tas. Nanti setelah turun dan menemukan tempat sampah, baru deh kamu buang sampah makanan kamu yang tadi. Well, kalau kamu pernah melakukan hal yang mirip dengan penjelasan barusan, selamat! Kamu sudah merdeka dari rasa malas untuk menaati peraturan agar membuang sampah pada tempatnya.

Toleransi atau Menghargai Perbedaan

Toleransi antar umat beragama via

Toleransi antar umat beragama via www.pusakaindonesia.org

Untuk hal yang satu ini, memang agak sensitif untuk dibicarakan. Karena, sangat disayangkan masih ada orang Indonesia yang belum sadar bahwa negara kita sangat beragam dalam berbagai aspek. Suku, budaya, sampai agama. Intinya sih sederhana saja. Kalau dalam keseharian kamu, kamu masih mau berteman dengan orang yang beda agama dengan kamu, selamat! Kamu sudah merdeka dari rasa egoisme yang meyakini bahwa kelompok kamu sajalah yang paling benar dan kelompok lain selalu salah.

Saling Memberi

Dari setiap rezekimu ada rezeki mereka juga via Google.co.id

Dari setiap rezekimu ada rezeki mereka juga via Google.co.id

Setiap bulan, kamu mendapatkan penghasilan dari hasil pekerjaan kamu. Dari situ kamu menyisihkan, meski tidak banyak, untuk menyumbang ke panti asuhan. Atau, sesederhana membantu mambayar biaya pendidikan saudara. Well, bagaimana? Kamu merasa melakukan hal yang mirip seperti itu sehari-hari? Jika iya, selamat! Kamu sudah bebas dari rasa tidak peduli untuk membantu sesama.

Tetap Menebar Senyum

your-smile-is-best-revenge

Cantik kan kalau senyum 😉

Bersikap ramah tidak ada salahnya dan selalu memberi energi positif. Salah satu cara mudah bersikap ramah adalah dengan tersenyum. Satu senyum sederhana bisa membuat suasana hati yang tadinya jelek, jadi berangsur-angsur membaik. Karena percaya atau tidak, dalam sebuah senyum kecil yang tulus, tersimpan harapan. Harapan untuk bisa lebih baik lagi. Jadi, apakah kamu tidak lupa tersenyum kepada orang lain setiap hari? Kalau iya, selamat! Kamu sudah merdeka dari rasa pesimis yang melihat segala hal dalam hidup ini dengan negatif.

Berhemat dan Menabung

gemar-menabung-niscaya-beruntung-abu-mujahidah

Nabungnya jangan setengah-setengah, biar dapet rumah sekalian

Kamu sadar bahwa sesuatu yang kamu butuhkan dan sesuatu yang kamu inginkan sangat berbeda. Jadi, setiap membeli sesuatu, kamu akan hati-hati agar tidak terlalu menghamburkan uang. Kamu juga sadar tidak bisa menghabiskan semua uang karena harus menyimpan untuk keperluan di kemudian hari. Ya, sesimpel itu. Kalau setiap hari kamu merealisasikan hal itu, selamat! Kamu sudah merdeka dari rasa boros dan berpikir pendek.

Menyanyikan Lagu Iwa K yang Berjudul “Bebas”

Well, sebenarnya yang ini bonus sih. Tidak yakin juga ada anak generasi masa kini yang tahu dengan lagu rap dan hip-hop lokal ini. Namun, ketika kamu sedang bersedih. Atau, menyadari bahwa hidup tidak selamanya berjalan sesuai keinginan kamu. Maka, nyanyikanlah lagu dengan suasana gembira ini. Musik yang penuh beat bikin kamu bersemangat. Lirik yang postif bikin kamu ikut optimis. Yow semua! “Bebas… Lepas… Kulupakan saja semua beban di hatiku… Melayang kumelayang jauh… Melayang dan melayang…”

Jadi, itulah 6 kebiasaan versi Tempe Bener yang membuktikan kalau kamu sudah benar-benar merdeka. Adakah kebiasan kamu di salah satu poin tersebut? Atau, malah lebih dari satu? Bagus! Atau, malah tidak ada sama sekali? Well, jangan kuatir. Kamu bisa mendefinisikan lagi apa makna merdeka versi kamu dan kamu wujudkan dalam keseharian kamu. Jangan lupa, share di kolom komen ya, apa kebiasaan kamu itu. Akhir kata, MERDEKAAA!!!

Comments

comments