Browse By

6 Kebiasaan yang Bisa Membuat Musim Hujanmu Gak Sekedar Basah

Lazada Indonesia

Mereka turun bersamaan, menyapa bumi agar tidak terlalu gersang. Terkadang, mereka turun tidak hanya untuk menyapa, namun juga membawa peringatan agar penduduk bumi bisa lebih menjaga alam yang sudah diberikan-Nya. Tapi tetap saja ada sebagian penduduk bumi yang menghiraukan peringatan-Nya, alam terus dihancurkan demi pundi-pundi uang. Maka mereka turun, tidak hanya untuk menyapa apalagi memberi peringatan, mereka turun dengan titah meluluh lantakan bumi beserta penghuninya. Mereka adalah Hujan, Sang penerima titah dari Sang Maha Pemberi Perintah.

Baca dulu: 4 Manfaat Jilbab Selain Untuk Menutup Aurat

Hujan adalah anugerah yang patut kita syukuri, bersyukur tidak hanya terpaut dalam ucapan apalagi hanya sebuah status yang disematkan, bersyukur harus dibarengi dengan sebuah tindakan. Nah, apa yang biasa kamu lakukan ketika turun hujan ? ngeluh atau ngedumel di sosial media ? atau hanya diisi dengan tidur manja ? Dari pada anugerah itu menjadi sia-sia, mending lakoni 6 kebiasaan saat musim hujan di bawah ini yang bisa membuatmu nggak sekedar berbasah manja.

1. Makan Bakso, Hujan-hujan Cuma Bakso yang Ngertiin

makanan enak disantap saat hujan

Jadi pengen bakso via sebandung.com

Siapa yang gak kenal masakan asli Indonesia yang satu ini, dibuat dari campuran daging giling dan tepung tapioka, daging yang digunakan bisa dari daging sapi, ayam atau ikan. Bakso biasanya disajikan panas-panas dengan kuah bening, ini yang ngebuat bakso paling nikmat disantap saat hujan turun, rasanya terasa dua kali lipat di lidah.

2. Makan Mie Instan, Sediakan Stok Mie Instan Lebih Banyak Dari Biasanya

Makanan saat musim hujan

Yamiiiii via vemale.com

Kalau kamu malas buat beli bakso saat hujan, udah nunggu lama tapi gak kunjung datang juga, mie instan bisa jadi santapan alternatif. Selain karena harganya murmer, cara masaknya juga gampang.

Biar lebih hot, kamu bisa tambah satu lusin cabe jablay, kalau gak mau ribet sih, bisa beli saos botol atau boncabe di mini-market terdekat. Tinggal tabur di atas mie kuah atau mie goreng, kembali ke selera masing-masing kalau ini. Beuhhh nikmat mana yang kamu dustakan?

3. Minum Wedang Jahe

minuman saat musim hujan

Anget ya liatnya juga via deviantart.com

Gak nafsu makan saat hujan turun, daripada cuma dipake buat tidur, mending kamu minum wedang jahe. Tau wedang jahe? Itu lho, minuman tradisional dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wedang jahe biasa diminum saat panas, kebayangkan, aroma jahenya saat diminum, saat hujan turun lagi. Nikmaaaattt …

Cara bikinnya juga gampang, siapin jahe sama gula batu, biar aroma jahenya lebih terasa, tubruk dulu sebelum diadukan di air panas. Tapi, kalau kamu gak mau ribet, wedang jahe sasetan juga udah ada, beli aja di warung atau mini-market terdekat.

4. Makan Gorengan yang Masih Ngepul

camilan saat musim hujan

Pisang goreng via Ngopy.com

Ngepul itu istilah dari orang sunda, yang artinya kurang lebih ‘masih berasap’. Gorengan yang masih ngepul itu statusnya baru banget diangkat dari penggorengan, jangan langsung dimakan, diamkan dulu sejenak, terus santap deh. Dijamin hujanmu lebih berarti.

Paling ngeunah (enak) makan gorengannya di pagi buta, habis sholat subuh sebelum matahari terbit, terus ditemenin sama wedang jahe, MasyaAllah, nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan?

5. Baca Buku

kebiasaan saat musim hujan

Books, Cofee & Rain via Favim.com

Ada gak yah, orang yang nunggu hujan datang buat baca buku? Ada, tapi mungkin jarang. Membaca saat hujan turun membasahi semesta, memberikan sensasi atau nikmat yang jarang dirasa. Sayangnya, nikmat itu gak bisa terungkap dengan kata apalagi lewat tulisan penulis jelata.

Baca juga: Meski Bengal, Monyet Ini Membuat Kekasihnya Tetap Setia Total

Ini bukan dusta, baca buku saat hujan turun adalah salah satu surga dunia yang Tuhan berikan cuma-cuma. Apalagi jika wedang jahe dan gorengan yang masih hangat ada menamani, arghh hidup ini seperti jauh dari hutang dan dosa, Tuhan.

6. Menulis, Menyusun Merangkai Indah Kata

kebiasaan saat musim hujan

Early morning coffee and writing while it rains ☕️ via tumblr.com

Apa benar adanya, jika hujun turun bersamaan dengan kenangan? Sehingga membuat setiap kenangan terbuka, lalu hilang seiring dengan berhentinya hujan?

Menulis di saat hujan turun bisa menjadi waktu paling produktif, apalagi kalau ada perasaan yang udah lama gak tersampaikan atau kenangan lama yang tak kunjung hilang. Hawa dingin dan suara gemuruhnya hujan bisa membuat pikiranmu lebih jernih tercerahkan.

Kalau sebelum nulis ada tukang bakso lewat, nikmati hujan bersama semangkok bakso dulu, kalau tukang baksonya gak ada, mie instan persediaanmu masih ada kan, segera nikmati hujan dengan semangkok mie instan. Terus bawa wedang jahe dan gorengan ke atas meja kerjamu dan selamat menulis ria.

Baca juga: Gagal Move On, Kayanya Kamu Perlu Ziarah ke Kuburan Mantan

Comments

comments