Browse By

Martha Tilaar – Gadis Tomboi yang Mengenalkan Indonesia Cantik

Martha Tilaar kecil adalah gadis yang dianggap jelek, paling nakal dan tidak suka merawat diri (berdandan) dibanding saudari lainnya. Bayangkan saja Martha kecil suka mencuri uang ibunya hanya untuk bisa jajan makanan yang enak.

Martha kecil juga berpenampilan tomboi. Cara berpakaian dan tingkah lakunya seperti anak lelaki kebanyakan. Untuk bisa menyelinap keluar rumah pagar tinggi rumahnya dia panjat. Bermain layang-layang dan menikmati sawah-sawah pedesaan, bahkan menceburkan diri ke sungai untuk berenang dan bersenang-senang Martha kecil lakukan.

***

Saat kuliah Martha kuliah di jurusan Sejarah IKIP Negeri Jakarta dan lulus tahun 1963. Dari semenjak Martha kuliah dan menjadi seorang guru, ibunya seringkali menegur dan mengingatkannya agar lebih peduli merawat diri. Kekhawatiran masa depan Martha sebagai perempuan jawa pun diungkapkan ibunya.

“Kamu nanti tidak laku, loh.” Tegas ibunya.

***

Sang ibu sampai memaksa putrinya, Martha Tilaar mengikuti les tata kecantikan bersama Titi Purwosoenoe. Hasilnya Martha mulai jatuh cinta terhadap dunia kecantikan. Sedikit demi sedikit Martha memutuskan untuk memulai usaha yang berkaitan dengan kecantikan.

Martha memulai home industry dengan membuka salon dan jamu di garasi rumah ayahnya. Bisnisnya berkembang hingga menjadi Martha Tilaar Grup yang kemudian menjadi salah satu produsen kosmetika terbesar di Indonesia dan dikenal di dunia internasional. Penjualannya kini bisa mencapai 600 miliar rupiah pertahunnya.

Tidak hanya sukses di bidang bisnis, Martha Tilaar juga dinilai berjasa karena memperkenalkan cantiknya kekayaan alam dan budaya Indonesia. Hingga The World University Tucson, Arizona, Amerika Serikat pada1984 memberikan Martha Tilaar gelar Doktor Kehormatan di bidang Fashion Artistry karena dedikasinya itu.

Comments

comments