Browse By

Mak Gober, Tukang Sikat Laki-Laki Malas Jum’atan!

Menjelang Shalat Jumat, dengan membawa tongkat kecil Mak Gober melakukan sweeping terhadap laki-laki warga Plered dan Purwakarta yang berkeliaran. Mak Gober menyisir ke pusat-pusat keramaian, seperti permukiman warga hingga pasar. Pangkalan ojek, sopir angkot hingga pengguna jalan tak luput jadi sasaran Mak Gober.

Jarak yang disisir Mak Gober cukup jauh, dan ditempuhnya dengan berjalan kaki. Target Mak Gober jelas, kaum adam yang masih berleha-leha, atau mereka yang masih bekerja padahal waktu salat Jumat hampir tiba.

“Hayo ka masjid, salat tong cicing wae, salat burukeun jumaahan…”

“(Ayo lekas ke masjid, jangan pada diam, cepetan Shalat Jumat…)”

Teriak Mak Gober dalam aksinya.

Ini dia Mak Gober si Pemburu Laki-laki … 

Sholat sia, sholattt via Netz.id

Sholat sia, sholattt via Netz.id

Mak Gober memiliki nama asli Dede Siti Hindun. Sosok emak tukang sweeping ini tidak asing bagi warga Plered dan Purwakarta karena aksinya yang sudah dilakukan lebih dari sepuluh tahun terakhir.

Mak Gober yang berusia 64 tahun mengaku saat ini berjualan gas. Mak Gober nekat melakukan sweeping karena waktu Salat Jumat sudah tiba tapi kaum muslim Plered berleha-leha dan berdiam diri. Mak Gober juga menambahkan bahwa wilayah Plered itu daerah santri jadi merasa malu kalau kelakuan warganya tidak seperti santri.

Dalam aksinya Mak Gober bukan tanpa masalah dan hambatan, ia mengaku tak sedikit cacian dan makian yang diterima warga sampai ke telinganya. Resiko terberat pun diterima Mak Gober berupa perceraian. Perceraian itu terjadi karena suaminya menganggap Mak Gober keluar batas, dan dianggap terlalu usil terhadap kelakuan warga Plered.

Meski begitu Mak Gober tidak merasa gentar. Mak Gober malah semakin kuat untuk terus melakukan aksinya. Tak hanya warga, tokoh masyarakat dan ulama setempat di tempat tinggal Mak Gober juga ikut memberikan dukungan.

“Pesan saya titip semua umat Islam dapat menjalankan semua tentang kewajiban dan aturan yang berlaku dalam agama. Tentu dengan niat tulus tanpa ada maksud lain.”

Ujar Mak Gober seperti dikutip dari Merdeka.com

Tempedia: 

*Dalam ajaran Islam Shalat Jumat sendiri ialah Shalat yg dilakukan 2 raka’at pada hari Jum’at dan dilaksanakan ketika masuk waktu Shalat Dhuhur. Sedangkaan hukum Shalat Jum’at ialah Fardhu Ain yang artinya diwajibkan untuk semua individu laki – laki muslim di dunia. Sedangkan untuk orang Sakit, Wanita dan Anak – anak tidak diwajibkan hanya saja diwajibkan untuk mengerjakan Shalat Dhuhur.

Comments

comments