Browse By

Let’s get inspired with Mike Mohede

Pria bernama lengkap “Michael Prabawa Mohede” ini lahir di Jakarta 7 november 1983. Mike, begitu pria ini akrab disapa, memang memiliki “suara teduh” yang bisa menenangkan bagi siapapun yang mendengarnya khususnya kaum hawa. Putra dari pasangan (Alm) Arthur mohede dan Amin Yudhayani ini sudah dikenal ramah dan santun sejak kecil. Dia selalu bisa memberikan kesan positif di mata para sahabat maupun teman yang tidak terlalu dekat dengannya secara personal. Sehingga bagi sipapun yang baru mengenalnya tidak akan butuh waktu lama untuk menjadi temannya.

Baca dulu : 4 Warisan Tersirat dari Puisi “Aku” Chairil Anwar

The Voice Of Angel

Berangkat dari program ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi nasional (Indonesian Idol season 2, 2005). Mike Mohede mulai menapaki tangga kesuksesan disetiap episodenya. Langkah Mike cukup terbilang “aman” karena hampir setiap penampilannya selalu mendapat pujian dari dewan juri. Meskipun memang dia sempat menduduki voting 3 terbawah sebanyak 2 kali pada spectacular show yang ke delapan dan ke sembilan. Namun “Voice of angel” yang dia miliki akhirnya berhasil membawa Mike keluar sebagai juara 1 setelah sebelumnya bersaing ketat dengan Judika pada finall spectacular show. Wow, good job big Mike!

Tubuh dan Prestasi Sama-sama Besar

Prestasi Mike belum cukup sampai disitu, setelah berhasil menjadi juara di Indonesian Idol season 2. Pria bertubuh tambun ini terpilih untuk mewakili indonesia di ajang internasional ”Asian Idol” dan berhasil lolos seleksi dari persaingan rekan sesama juara seperti Delon idol, Ihsan Idol dan Rini Idol. Tapi layaknya roda berputar “kadang di atas kadang di bawah”. Kali ini Mike harus rela dikalahkan oleh Hardy Mirza, Juara jebolan Singapore Idol season 2.  Meskipun kalah, Somehow Mike tetap berhasil membawa nama harum indonesia ke panggung Internasional sekelas “Asian Idol”. Tentunya itu sebuah prestasi yang besar donk, sebesar badannya Mike. Hehe…

Menjadi Guru Vokal

Menjadi penyanyi profesional, memiliki beberapa album bahkan sempat menjadi juri juga meskipun di ajang pencarian bakat yang berbeda dan segudang prestasi lainnya tidak lantas membuat Mike mohede sombong. Penyanyi yang melejit lewat single “Semua Untuk Cinta” dan “Sahabat jadi Cinta” ini tetap bersikap rendah hati dan mejaga hubungan baik, baik sesama seniman musik maupun dengan fans. Dan selain kesibukannya di dunia musik, Mike mulai mengambil tantangan untuk mencoba pengalaman baru yaitu menjadi guru vokal di salah satu sekolah musik di bilangan depok. Bagi penyanyi yang mengusung aliran musik “Pop dan R&B” ini, menjadi guru vokal adalah kesempatan yang patut distyukuri. “Bukan soal materi melainkan kepuasan dalam bermusik”, prinsip ini yang dipercaya Mike bisa dipertanggung jawabkan di hadapan para muridnya.

Tak Ada Kata Mengeluh

Mungkin sudah diketahui bersama bahwa obesitas bisa memicu berbagai macam penyakit salah satunya penyakit janutng. Sadar akan hal itu, Mike selalu berusaha merawat kesehatannya dengan menjaga pola makan dan rutin berolahrga. Meskipun memiliki penyakit serius Mike tidak pernah mengeluh sedikitpun, bahkan dia sempat memangkas bobot tubuhnya sampai kurang lebih 30kg dalam satu tahun terakhir. “Ga pernah mau ngerepotin orang”, begitu ungkapan para sahabat terdekatnya. Bahkan di kondisinya yang seperti itu, Mike masih sempat hadir dan memeriahkan acara ulang tahun pernikahan mantan predien Susilo Bambang Yudhoyono dan ibu Kristiani Herrawati (ani). Menjunjung tinggi profesionalisme baginya lebih penting daripada “mengalah” pada keada’an. Respect buat Mike…!

Selama Jalan, Mike!

Duka mendalam dan ucapan bela sungkawa mengalir deras mulai dari para penggemar, sahabat bahkan dari mantan Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. “Mike Mohede” pada hari Minggu, 31 juli 2016 meninggal dunia. kembali dikejutkan dengan berita nya salah satu musisi kenamaan indonesia  kemarin. Meskipun begitu, Mike sudah mengukir segenap prestasi yang sangat membanggakan selama hidupnya di belantika Industri musik Indonesia.

Itulah sekelumit kisah Mike “Idol” Mohede. Semoga bisa menginspirasi kita semuanya. Selamat jalan Mike Mohede, karya dan prestasimu akan selalu diingat.

See you on the other side Mike…

Baca juga: Tompi – Penyanyi yang Sempat Terhenti

Comments

comments