Browse By

5 Hal yang Perlu Diseriusi oleh Anak Muda di Usia 20an

Kamu tentunya sadar bahwa waktu terus berjalan, detik berganti menit, hari berganti minggu dan bulan berganti tahun. Tak terasa, kamu yang dulunya seorang anak kecil, sekarang sudah berubah menjadi pribadi dewasa. Masalah terbesar kamu yang dulu, mungkin hanya sekedar PR Matematika, tapi kini masalahmu kian beragam, pola pikir dan karaktermu juga semakin kuat tertanam.

Wahai Anak Muda ! Berikut ini ada lima hal yang harus segera kamu pikirkan dan seriusi saat menginjak di usia 20an.

Baca dulu : 10 Petuah Semar yang Bikin Hidupmu Berubah dan Jadi Pribadi Lebih Bijak

1. Kuliah

Mak akhirnya Aku wisuda via www.eonline.com

Mak akhirnya Aku wisuda via www.eonline.com

Sudah gak bisa dikompromikan lagi, bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk masa depan. Semakin baik pendidikan seseorang, maka semakin besar pula kemungkinan dia akan berhasil di masa depan. Beruntunglah bagi mereka yang berhasil mendapat gelar sarjana sesuai dengan waktunya.

Tapi, bagi kamu yang hingga detik ini belum lulus, apa pun itu alasannya, maka kamu harus pikiran untuk segera menyelesaikannya.

2. Karir

Punya perusahaan sendiri via google.com

Punya perusahaan sendiri via google.com

Kamu yang sudah dewasa tentunya akan dituntut untuk memiliki penghasilan sendiri. Gak mungkin terus menerus hanya mengandalkan kucuran dana dari orang tua, apalagi jika kamu sudah jadi sarjana. Ini yang membuat kamu harus mulai berpikir untuk mencari penghasilan sendiri.

Dan untuk kamu yang tengah bekerja tapi masih begitu-begitu saja, gak ada kemajuan yang signifikan, di usia 20an kamu sudah harus mulai berpikir, jenjang karir seperti apa yang ingin kamu perjuangkan. Kalau ingin menjadi karyawan, setidaknya jadilah karyawan tetap dengan penghasilan yang terus bertambah setiap tahunnya atau mungkin kamu ingin memulai membuka usaha sendiri.

3. Tabungan dan Investasi

Tabungan via Cermati.com

Tabungan via Cermati.com

Kamu yang baru dapat pekerjaan, mungkin akan sering menghabiskan salary-mu untuk membeli barang-barang kesukaanmu atau sekedar jalan-jalan bareng teman kantor. Seringnya, kamu gak sadar, ke mana gajimu habis. Tapi, lambat laun kamu akan mulai menyadari bahwa sudah saatnya kamu memiliki tabungan atau investasi.

Menginjak usia 20an, kamu harus mau belajar bagaimana mengontrol keuangan, membeli barang yang kamu butuhkan dan menyisihkan setiap bulannya untuk ditabung atau diinvestasikan.

4. Nikah

Kita sudah halal, Adinda via Pinterest

Kita sudah halal, Adinda via Pinterest

Baik laki-laki mau pun perempuan saat usianya menginjak 20an apalagi yang sudah mepet ke 25 pasti memikirkan hal yang satu ini, Nikah. kamu yang saat ini tengah menjalani hubungan asmara akan kembali memikirkan arah dan tujuan ke mana hubungan tersebut harus berlabuh. Ditambah lagi, gencarnya undangan pernikahan yang setiap minggunya kamu terima. Sudah saatnya kamu memutuskan, kapan, dengan siapa dan di mana kamu akan menikah.

5. Kendaraan Pribadi

Adinda, mau ke mana kita via hipwee.com

Adinda, mau ke mana kita via hipwee.com

Gak perlu jet pribadi atau kapal pesiar. Cukup motor matic untuk digunakan sehari-hari baik untuk pulang pergi ke tempat kerja atau sekedar kencan menemani sang kekasih. Bisa dengan mencicil atau secara cash membelinya, tergantung kemampuan finansial masing-masing. Tapi yang jelas di usia 20an ini, mobilitas kamu akan semakin rumit, dan kendaraan pribadi bisa sangat membantu. Dan juga kamu akan bertemu pada kondisi tertentu, di mana kamu gak bisa melulu mengandalkan angkutan umum.

Itulah lima hal yang harus segera kamu pikirkan dan seriusi karena bisa menentukan masa depan kamu lho. Buat kamu yang masih bersantai ria, harus mau ikhlas untuk menerima kemungkinan kalau kamu nanti akan bersusah payah di masa tua. Paham anak muda ?

Baca juga : 7 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Kamu Coba

Comments

comments