Browse By

Aneka Es Khas Nusantara Ini Cocok Jadi Takjil Saat Berbuka Puasa

Lazada Indonesia

Peringatan : Artikel ini haram dibaca siang hari

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Negara kita Indonesia memiliki kekayaan alam yang diakui dunia dan kita juga sepakat bahwa masakan khas Indonesia bisa menggoyang lidah semesta, terbukti rendang masakan tradisional Indonesia dari Padang berhasil menempati posisi puncak sebagai makanan terlezat di dunia. Di samping itu ternyata Indonesia juga memiliki minuman tradisional atau aneka es khas nusantara yang ternyata cocok dijadikan sebagai menu takjil saaat berbuka puasa nanti.

Nah, berikut ini adalah aneka es khas Nusantara yang bisa melepas dahaga seketika dan menyegarkan tenggorokan setelah seharian berpuasa.

Asli dari Makassar, segarnya es pisang ijo paling enak disantap saat berbuka puasa

Gak perlu bingung apalagi bimbang, kuliner segar khas Makassar ini bisa ditemukan dengan mudah di setiap sudut kota Indonesia. Apalagi saat bulan puasa, tukang es pisang ijo dadakan bisa menjamur di mana-mana karena banyaknya peminat.

Berbahan utama pisang raja dibalut dengan adonan hijau dari tepung beras dan disajikan dengan saus santan, sirup manis dan es serut yummmmy harmonisasi sempurna yang bisa melepas dahaga.

Di Jawa Tengah ada es teler, kombinasi buah-buahan segar yang bisa menggugah selera

http://resepresepmasakan.info

Serutan alpukat, kelapa muda, potongan nangka yang disajikan bersamaan dengan susu kental manis, sirup, santan dan es serut memang gak bisa dilewatkan sebagai menu takjil pilihan saat berbuka puasa. Segarnya es teler paling bisa menggugah selera.

Oh iya, kuliner ini beda lho dengan es campur, meski sama-sama berbahan dasar buah-buahan, es campur isinya lebih beragam ada belewah, kolang kaling, rumput laut, agar-agar, singkong, nanas, melon, cincau hitam dan juga nanas.

Dari tanah pasundan Bandung, ada es oyen yang siap membatalkan puasa kala adzan magrib berkumandang

http://anekaresepnusantara.info/resep-es-oyen/

Selain terkenal karena destinasi pariwisata yang indah, bandung juga terkenal karena punya kuliner-kuliner yang lezat khas nusantara, salah satunya adalah es oyen.

Es oyen masuk dalam kategori es campur, tapi percaya deh rasanya gak akan sama, unik dan khas, beda sama es campur pada umumnya.

Namanya mulai asing didengar, es selendang mayang khas betawi ini selain menyegarkan juga bisa mengurangi rasa lapar

Minuman tradisional khas ibu kota satu ini sudah jarang sekali dijumpai, mungkin karena kurangnya inovasi. Terbuat dari tepung beras atau tepung hunkwe lalu disajikan dengan kuah santan, air gula dan es batu, es selendang mayang cocok buat kamu yang gak suka makan berat saat berbuka karena selain menyegarkan juga bisa mengurangi rasa lapar.

Susah ditemukan, tapi kalau kamu penasaran kamu bisa menemukannya di kawasan kota tua atau di acara-acara orang betawi.

Ada yang belum pernah buka puasa dengan segelas es dawet? Hmm kayanya kamu perlu coba di Ramadhan tahun ini

Harmonisasi dawet yang lembut dengan manisnya gula merah dan santan emang pas disajikan sebagai menu berbuka puasa, ada rasa manis dan gurih-gurihnya. Es dawet merupakan minuman tradisional khas Banjarnegara, tapi tenang kamu gak usah jauh-jauh ke Banjarnegara untuk mendapatken segelas es dawet karena sekarang bisa dijumpai di kota-kota lainnya.

Cobain es goyobod, minuman tradisional asal Garut ini bisa melepas dahaga setelah seharian berpuasa

Bila kamu kebetulan sedang berada di tanah sunda, Garut, jangan terlewat untuk ngabuburit sembari berburu es goyobod. Minuman tradisional asli Garut ini masih masuk dalam keluarga es campur, terbuat dari tepung hunkwe atau tepung sagu aren, ditambah pacar cina, alpukat, susu, sirup, serutan kelapa dan disajikan dengan es serut dan potong roti di atasnya. Nikmatttt ….

Es goyobod konon memiliki resep rahasia, jadi rasanya gak akan sama kalau kamu nyicipinnya di luar garut, jadi jangan lupa mencicipinya saat main ke sana.

Jadi gimana, udah memutuskan mau buka puasa apa hari ini ?

Baca juga : Tips Puasa Asyik Ala Jomblo Produktif

Comments

comments