Browse By

Membuka Tabir Kecantikan Bidadari Tanah Pasundan

Jawa Barat selain terkenal karena alamnya yang indah dan kulinernya yang ngeunah alias enak, ternyata masih ada satu lagi kekayaan Jawa Barat yang gak bisa diremehkan –adalah gadis-gadisnya yang terkenal karena memiliki rupa yang cantik, putih nan bersih. Sikapnya yang polos menjadi daya tarik sendiri bagi kaum Adam. Bukan tanpa alasan, kenapa Tuhan menciptakan gadis sunda dengan wajah rupawan nan jelita. Ada beberapa fakta dari pakar kegadisan TempeBener yang harus kamu tahu, kenapa sih gadis sunda cantiknya itu gak nahan?

Berikut penjelasannya;

Katanya, Tuhan Tersenyum Ketika Menciptakan Tanah Pasundan

membuka tabir kecantikan gadis sunda

Bidadarinya turun di sawah dulu habis itu ke kawah putih

Konon katanya, wisata kawah putih yang berada di Bandung adalah tempat bocornya Surga, katanya lho. Karena surganya bocor, itu membuat para bidadari bisa turun dari surga ke kawah putih tersebut. Ini bukan cerita Jaka Tarub ya, soalnya doi asli Ngawi bukan Bandung dan 7 Bidadari yang turun ke bumi itu transitnya di air terjun, bukan di kawah putih.

Baca dulu: 4 Manfaat Jilbab Selain Untuk Menutup Aurat

Warga setempat menyakini bahwa Jawa Barat merupakan daerah yang dianugerahi Tuhan. Tuhan tersenyum ketika menciptakan tanah Pasundan. Anugerah tersebut memberikan pesona kecantikan bagi setiap wanita yang mendiami tanah Pasundan.

Gadis Sunda Mah, Suka Makan Lalapan

kecantikan gadis sunda

Kaya gini lalapan, enak lho via www.bintang.com

Kenapa ya, kebanyakan orang Sunda kulitnya putih, halus dan bersih ? Salah satu rahasianya, karena Orang Sunda suka makan lalapan. Tau lalapan ? itu lho, sayuran yang dimakan mentah-mentah, seperti tomat, timun, terong dan sayur mayur lainnya. Kalau kamu mau punya kulit putih, terus mau pake resep rahasia dari tanah sunda ini, pastikan, sayuran yang mau kamu makan dibersihin dulu, jangan taklid buta.

Buat point yang ke dua ini, gak cuma gadis sunda aja yang suka makan lalapan. Pria Sunda juga reseup pisan (suka banget) jadi wajar kararasep oge (ganteng-ganteng juga). Tapi ada sumber lain, yang juga menyatakan, Konon, pada saat zaman baheula. Para putri bangsawan atau menak Sunda udah sering melakoni ritual pijat dan lulur rempah. Tuh, gimana gak putih dan bersih coba!

Semesta Mendukung Gadis sunda Buat Tampil Cantik

artis sunda tercantik

Neng Isyana mah udah cantik pinter lagi via Imagesss.com

Daerah pegunungan dengan air yang langsung mengalir dari sumbernya, membuat wajah gadis sunda lebih bersih, saat air tersebut digunakan untuk mandi atau hanya sekedar membasuh wajah. Semesta mendukung, alam ikut andil dalam hal ini. Buliten Zorg, Bogor atau lebih akrab didengar dengan sebutan Kota Hujan, sempat dijadikan tempat peristirahatan para bangsawan Belanda pada zaman VOC karena keindahan alam yang tanah Pasundan miliki.

“Alam yang subur meninabobokan wanita Sunda sampai terlena, hingga tidak perlu bekerja keras. Alam sudah menjadi kelangsungan hidup mereka. Cukup suami yang bekerja di ladang dan sawah, sementara istri di rumah mengurus dan merwat anak, mempercantik diri, melayani suami dan membersihkan rumah”

Quote di atas udah gak relevan sama zaman sekarang. Gadis sunda gak cukup kalau Cuma bisa mempercantik diri, melayani suami sama bersih-bersih rumah. Wanita Sunda kudu punya pendidikan tinggi juga, supaya lahir generasi-generasi yang tak cuma cantik rupawan namun juga cendikiawan.

Gadis Sunda Emang Udah Cantik dari Doloe

gadis sunda tercantik

Cantik kan? via Storibriti

Pada zaman penjajahan dahulu, wilayah Jawa Barat sebagian masyarakatnya bercampur sama orang barat. Nah, karena campurnya sama orang berkulit putih terus ada yang nikah, lahirlah keturunan dengan gen yang putih pula. Mungkin, ini juga asal muasal kenapa disebut JABAR (orang Jawa + orang Barat) Sedikit maksa, ya? Tapi, pernah kan lihat orang sunda yang kulitnya kaya orang bule gitu ?

Tapi, kecantikan gadis sunda emang udah ada dari doloe ko. Contohnya aja Putri Dyah Pitaloka Citraresmi, princess-nya orang Sunda, konon katanya, Putri Dyah Pitaloka Citraresmi ini memiliki kecantikan yang luar biasa dan terkenal se-antero Nusantara. Kecantikannya membuat Raja Majapahit, Hayam Wuruk mau menjadikannya sebagai permaisuri. Tapi gak jadi, tau kenapa? Silahkan baca sejarahnya.

Habis baca artikel ini, harusnya kamu gak usah heran, kenapa gadis Sunda cantik-cantik, lha, emang dari sananya udah tjantiek ko. Gimana, kamu setuju kalau cewek-cewek sunda itu cantik?

Baca juga: Untuk Wanitaku di Masa Depan, Mari Kita Berteman

Comments

comments