Browse By

5 Lagu dari Para Solois Indie Ini Pas Banget Kamu Dengarkan Saat Menyandarkan Kepala ke Jendela Bus, Kereta, atau Pesawat

Lima solois dari luar negeri dalam artikel ini mungkin belum pernah kamu dengar sama sekali. Namun, percayalah, lagu-lagu mereka punya karakter unik dan bagus. Patut dicoba. Sesekali mendengarkan lagu secara random seru juga lho. Terlebih, dari musisi indie. Karena biasanya kita tidak punya ekspektasi berlebihan. Dan ketika lagunya menarik, kita seperti mendapatkan harta karun.

Baca dulu: 5 Lagu dari Dygta Ini Cocok Banget untuk Kamu yang Sedang Galau Karena Cinta

Dan kenapa pula dengan Menyandarkan-Kepala-ke-Jendela-Bus-Kereta-atau Pesawat? Well, tidak ada alasan spesial. Ketika dalam perjalanan, terkadang kamu butuh ketenangan. Dalam arti, sedang malas mengobrol dengan orang lain yang menjadi teman seperjalanan. Ingin mendapatkan suasana kesendirian-namun-tetap-dalam-keramaian. Dan, Menyandarkan-Kepala-ke-Jendela menjadi solusinya. Apalagi dilakukan sambari mendengarkan musik yang cocok. Yakinlah, aktivitas melihat pemandangan di luar jendela akan terasa berbeda.

“Just How It Goes” – Jessica Sarah (Queensland, Australia)

Lagu dari penyanyi dan penulis lagu muda ini bercerita tentang perpisahan sepasangan kekasih. Nuansa pop dan folks sangat terasa dalam tembang yang masuk juga dalam EP-nya, “Wooden Seas”. Petikan gitar dan instrumen lain yang dibawakan dengan slow dan nyaris tanpa beat ini akan membawa suasana berbeda ketika kamu memandang apa pun itu yang ada di luar kendaraan kamu ketika sedang melaju.

“It’s You” – Colin Huntley (Texas, Amerika Serikat)

Seorang cowok sedang menunggu kedatangan kekasihnya. Namun, dia juga tahu kedatangan ceweknya itu hampir tidak mungkin. Meski bernuansa pop rock dan memiliki beat yang tidak membuat nomor kedua ini terdengar mellow-mellow amat, namun kesan desperate juga tetap terasa. Karena, jika diperhatikan liriknya dengan jeli, si cowok sampai membayangkan si cewek ada di dekatnya, padahal si cowok hanya sendirian di rumah. Well, hati-hati. Nanti seindah apa pun pemandangan di luar jendela, yang kamu lihat cuma bayangan si doi.

“The Meaning of Forever” – Jesse Ruben (Brooklyn, Amerika Serikat)

Hubungan ayah dan anak dalam sebuah lagu bisa juga menyentuh hati. Terlebih dalam lagu akustik ini. Penyesalan, kesedihan, dan perasaan tidak yakin bisa merelakan sangat terasa dari musik dan lirik lagunya. Mungkin kamu akan sedikit merasa emosional saat mendengarnya. Jangan sampai mata kamu berkaca-kaca ya. Nanti pandangan kamu malah kabur dan keindahan pemandangan di luar sana malah jadi tidak jelas. In other words, jangan baper-baper amat!

“12th and Gibson” – Lance Carpenter (Tennessee, Amerika Serikat)

Lagu akustik dengan nuansa country ini bercerita tentang flashback masa kecil seorang lelaki. Tentang masa-masa sekolahnya, kegemilangan prestasi masa mudanya di bidang olahraga basket, dan kenangan bersama orang-orang terdekatnya. Sederhana, namun bermakna. Meski hanya ada satu instrumen yang dimainkan, yaitu gitar akustik yang dipetik dengan syahdu oleh Carpenter, namun tidak membuat lagu ini terasa “sepi”. Tapi tetap asyik didengarkan sambil menyenderkan kepala ke jendela kendaraan yang kamu naiki.

“Maybe I” – Makena Hartlin (Illinois, Amerika Serikat)

“Maybe I still love you…”. Hmmm… Susah memang kalau cinta belum kelar. Alias, perasaan belum bisa move on tergambar banget dalam lagu ini. Vokal Hartlin yang powerful berpadu dengan melodi lagu ini yang bernuansa pop rock namun cenderung slow, membuat kamu yang mendengarkan, akan mengingat lagi kenangan masa lalu bersama si dia. Tapi, seperti pemandangan yang kamu lihat lewat jendela, semuanya cepat berlalu seiring kendaraan yang terus melaju. Jadi, yeah. Kamu tahu apa yang harus kamu lakukan dengan itu semua.

So, that’s it! Semua lagunya memang cenderung minim beat, akustik, dan memiliki lirik yang dalam maknanya, jika kamu perhatikan baik-baik. Semoga bisa menjadi teman perjalanan yang mengasyikan, meski terasa agak dramatis. Jadi, kamu tidak benar-benar bengong, tapi tetap bisa mendengarkan lagu sambil menatap pemandangan di luar sana. Akhir kata, selamat mendengarkan!

Baca juga: Lima lagu yang pas banget kamu nyanyikan saat hadir di resepsi mantan

Comments

comments