About Us

TempeBener(dot)com

“Pandangan dan Gaya Hidup yang Bermakna”

Identitas Rendahan

Tempe dikenal masyarakat Indonesia luas sebagai lauk untuk nasi bagi kalangan ekonomi menengah dan kebawah. Pada zaman pendudukan Jepang di tanah air, para tawanan perang diberi makan dengan Tempe agar terhindar dari disentri dan busung lapar. Sejumlah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1940-an sampai dengan 1960-an juga menyimpulkan bahwa tahanan Perang Dunia II berhasil selamat karena Tempe.

Maka kemudian di daerah perkotaan Jawa, terutama Jawa Tengah, kata Tempe menjadi acuan pada sesuatu yang bermutu rendah. Istilah “Bermental Tempe” atau “Kelas Tempe” adalah contohnya. Sampai Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno sering memperingatkan rakyat Indonesia dengan mengatakan, “Jangan menjadi bangsa Tempe!”

Rahasia Kekuatan Tempe

Bagaimana tidak dianggap kelas rendah, sebuah Tempe hanya dibuat dari hasil fermentasi biji kedelai. Namun siapa sangka, Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia.

Di sisi lain, Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam Tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Kebangkitan Tempe

Tempe yang terwujud dari unsur kedelai membuat kaum vegetarian di seluruh dunia banyak yang menggantikan daging dengan Tempe. Maka seketika kesederhanaan Tempe dengan sejarah, istilah dan bahannya malah mendunia.

Berkat Tempe kini Indonesia menjadi negara produsen Tempe terbesar di dunia dan juga menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Masyarakat Indonesia sendiri rata-rata mengkonsumsi tempe setiap orangnya 6,45kg per tahun.

Tempe tak hanya diproduksi di Indonesia melainkan juga banyak tempat di dunia. Lebih dari itu beberapa negara seperti Jerman, Jepang, dan Amerika Serikat sampai menelitinya. Dan hanya dengan Tempe, sekarang Indonesia tergerak juga melakukan perkembangan galur unggul Rhizopus. Ini bertujuan untuk bisa menghasilkan Tempe yang lebih cepat, berkualitas, atau memperbaiki kandungan gizi Tempe.

Inilah Kami

Para personil alias writer di tempebener.com

Para personil alias writer di tempebener.com

TempeBener.com adalah sekumpulan anak muda Indonesia yang berasal dari latar belakang kehidupan biasa saja. Seperti bertahan hidup dengan sederhana, memilih Tempe untuk lauk bagi sepiring nasi yang tak lagi hangat, sesederhana itu pula cara kami menjalani hidup.

Cara kami berpikir, bergaya dan menangkap informasi memang terkesan biasa namun Tempe dengan segala kebenaran protein yang terkandung dalam kedelai, telah merubah segalanya! Kami datang dan membawa perubahan.

Saat usaha yang sudah kamu perjuangkan namun tidak dihargai siapapun, STOP mengeluh atau mengumpat kata-kata kesal. Katakan saja, Tempe…

Ketika kamu merasa kegagalan terjadi begitu saja, tak terduga dan membuatmu tak percaya. Katakan saja, Tempe…

Kamu yang dibuat takjub terhadap sesuatu, terpanggil dan seketika kagum. Katakan saja, Tempe!

Begitu juga dengan TempeBener.com, semua hal dan berbagai ekspresi akan kamu temukan disini. Dapatkan juga narasi atau prosa berprotein tinggi dari butiran-butiran artikel Tempe di laman ini.

Salam,

TempeBener.com